Minggu, 19 Desember 2010

Pengobatan Hipertensi

Pengobatan tekanan darah tinggi dimulai dengan perubahan-perubahan gaya hidup untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Jika perubahan-perubahan itu tidak memberikan hasil, Mungkin Anda perlu mengkonsumsi obat-obat untuk penderita darah tinggi, tentu saja berkonsultasi dengan dokter. Bahkan jika Anda harus mengkonsumsi obat-obatan, alangkah baiknya jika disertai dengan perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda mengurangi jumlah atau dosis obat-obatan yang Anda konsumsi.

Perubahan gaya hidup:
  • Jangan merokok
  • Kurangi berat badan jika Anda Overweight
  • Lakukan olahraga secara teratur
  • Makanlah dengan diet yang sehat, termasuk didalamnya perbanyak makan buah dan sayur dan kurangi lemak
  • Kurangi konsumsi sodium, alkohol, dan caffein
  • Cobalah teknik-teknik relaksasi atau biofeedback.
Bagaimana tembakau bisa mempengaruhi tekanan darah??
Nikotin yang ada dalam rokok dan produk rokok dari tembakau menyebabkan pembuluh darah mengerut (konstiksi) dan denyut jantung menjadi lebih cepat, yang secara sementara akan menaikkan tekanan darah. Jika anda berhenti merokok, Anda dapat dengan signifikan mengurangi resiko terkena serangan jantung (heart attack), serta dapat juga menurunkan tekanan darah.

Bagaimana dengan mengurangi berat badan dan olahraga??
Jika Anda adalah seorang dengan overweight atau kelebihan berat badan, mengurangi berat badan biasanya membantu menurunkan tekanan darah. Olahraga teratur adalah suatu kebiasaan dan cara yang baik untuk mengurangi berat badan. Hal itu juga tampak berguna untuk menurunkan tekanan darah dengan sendirinya.

Konsumsi sodium dan tekanan darah tinggi
Tidak setiap orang terpengaruh dengan mengkonsumsi sodium, tetapi sodium dapat meningkatkan tekanan darah pada beberapa orang. Kebanyakan orang yang mempunyai darah tinggi sebaiknya membatasi mengkonsumsi sodium pada dietnya tiap hari kurang dari 2400 mg. jangan menambahkan garam pada diet makanan Anda. Periksalah label makanan untuk kandungan sodium, seperti potato chips, Anda tidak mungkin menyadari berapa banyak sodium yang berada di dalam roti dan keju.

Alkohol dan Hipertensi
Pada beberapa orang, alkohol berakibat pada naiknya tekanan darah yang cukup banyak. Pada orang lain, itu tidak memberikan efek pada naiknya tekanan darah. Jika Anda minum alkohol, batasi konsumsi minum alkohol Anda tidak lebih dari 1 atau 2 minuman per harinya. Satu minuman adalah satu kaleng bir, yang stu adalah gelas wine atau datu jigger atau liquor. Jika tekanan darah Anda meningkat berhubungan dengan alkohol yang dikonsumsi, yang terbaik adalah tidak mengkonsumsi alkohol.

Apakah stress berakibat pada tekanan darah?
Stress mungkin akan berakibat pada tekanan darah. Untul membantu melawan stress, cobalah lakukan relaksasi atau biofeedback. Hal tersebut bekerja dengan baik bila dilakukan dengan sedikitnya satu kali dalam satu hari. Tanyakan dan mintalah saran dari dokter mengenai hal ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar