Selasa, 07 Desember 2010

Kiat Sukses Melakukan Presentasi

Kita semua memang memiliki masalah yang sama ketika harus berbicara di hadapan publik. Berikut ini adalah tips bagaimana melakukan presentasi yang baik.
  1. Jangan membiasakan diri tergantung pada teks. Teks dapat membunuh bakat, merusak flow, dan menciptakan jarak. Gunakan pointers, sekadar untuk membantu anda.
  2. Mengukur secara sunggug-sungguh "dalamnya sungai". Pelajari dulu siapa audience anda, latar belakang, jalan pikiran, pendidikan, dan jabatan mereka. Jangan asal "tembak".
  3. Jangan bicara dua hal ini : Yang sudah mereka ketahui, atau yang tak ingin mereka dengar. Selalu sajikan hal yang orisinal, jangan merusak mood audience dengan pernyataan yang tidak mereka sukai.
  4. Jangan biarkan audience jenuh. Jaga volume suara dan jaga nada agar tidak monoton. Begitu mereka mulai jenuh, ajaklah berdialog, lontarkan sedikit humor.
  5. Homor tidak boleh berlebihan. Ia hanya boleh digunakan untuk membangkitkan daya pikir. Jika berlebihan, ia akan kelebihan substansi.
  6. Periksa ruangan dan fasilitas presentasi termasuk mikrofon sebelum presentasi dimulai. Ruangan yang langit-langitnya rendah akan membuat Anda cepat letih. Cahaya yang masuk dari kaca jendela dapat mengganggu konsentrasi. Ruangan yang terlalu sempit, dapat membatasi gerakan tubuh anda. Tetapi ruangan yang terlalu lebar dapat membuat presentasi tidak terfokus. Mikrofon dan sound system yang buruk juga dapat mengganggu konsentrasi. (Perasaan susah bener..hehehe)
  7. Biasakan interaktif. Jangan asyik bicara sendiri. Berikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan contoh, jawaban, melakukan aktivitas tertentu (game, teka-teki, atau melakukan sesuatu), tertawa, atau bahkan mendengarkan musik.
  8. Be Specific. Selalu berikan contoh dan ilustrasi. Sesekali berikan cerita.
  9. Jangan merendahkan mutu dan mengatakan "Maaf saya sebenarnya tidak siap", "Maaf, bahasa Inggris saya payah," "Ini bukan bidang saya", "Anda pasti lebih tahu dari saya", "Saya baru belajar", dan seterusnya. Manusia adalah makhluk yang malas yang hany amau mendengarkan orang yang layak dia dengar, ia anggap lebih tahu.
  10. Latihan yang cukup. Selalu mintalah umpan balik. Bila perlu rekam, putar kembali, minta pendapat dari orang dekat.
  11. Perhatikan bahasa tubuh. Jangan melakukan gerakan yang merusak penampilan.
  12. Berpakaianlah agak cerah agar anda menciptakan kesegaran di dalam ruangan.
  13. Jangan berbicara seperti sedang ngobrol dengan seseorang. Ingatlah Anda berbicara dihadapan puluhan orang, kombinasikan bahasa resmi dengan bahasa percakapan yang layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar