Kamis, 02 Desember 2010

Definisi Perilaku Organisasi (PO) yang Multidisiplin

Pertama, PO adalah cara berfikir, perilaku pada individu, kelompok, dan tingkat organisasi. Pendekatan ini menyarankan, jika akan mempelajari PO, maka harus diidentifikasikan dengan jelas tingkat analisisnya apakah individu, klompok, atau organisasi yang digunakan.

Kedua, PO adalah multidisiplin yang menggunakan prinsip, model, teori dan metode-metode dari disiplin ilmu lain. Studi PO bukan merupakan suatu disiplin atau ilmu pengetahuan yang umumnya diterima dengan suatu dasar teoritis yang tetap. PO merupakan bidang yang sekarang mulai tumbuh dan berkembang kedudukan dan pengaruhnya.

Ketiga, terdapat sutu orientasi kemanusiaan yang jelas dalam perilaku organisasi. Manusia dan perilaku mereka, persepsi, kapasitas pembelajar, perasaan dan sasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan.

Keempat, PO berorientasi pada kinerja.
  1. Mengapa kinerja rendah atau tinggi?
  2. Bagaimana kinerja bisa ditingkatkan?
  3. Bisakah pelatihan meningkatkan hasil?

Kelima, lingkungan eksternal terlihat memberikan dampak yang signifikan terhadap PO.

Keenam, PO sangat tergantung dari disiplin yang dikenal. Metode ilmiah menjadi penting dalam mempelajari variabel dan keterkaitan.

Belajar mengenal Perilaku di dalam Organisasi akan membantu memberikan keterampilan observasi, prediksi, dan implementasi dalam meniti karir manajemen, menerapkan prinsip secara tepat dalam memimpin individu di dalam organisasi.

Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri.

Perilaku Organisasi merupakan bidang studi yang mencakup:
  • Teori
  • Metode, dan
  • Prinsip-prinsip dari berbagi disiplin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar