Rabu, 01 Desember 2010

Pencegahan Penyakit dengan Olahraga

Selain memerhatikan kekuatan iman, Islam juga peduli dengan kekuatan jasmani umatnya. Karena itu sunnah Rasulullah saw. menganjurkan olahraga, sebab olahraga memiliki dampak:
  1. Memperkuat tubuh dan otot untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan. Rasulullah saw. bersabda, " Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah."140
  2. Menyalurkan energi
  3. Memperkokoh kepribadian dan menumbuhkan sifat-sifat normatif.
  4. Mencegah berbagai macam penyakit , sebab penyakit tidak mudah menyerang tubuh yang kuat.
Olahraga dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung. Pada 1978 M, sebuah majalah di fakultas kedokteran di Amerika memublikasikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa olahraga satu-satunya cara untuk menormalkan jantung.. Selain itu, olahraga dapat mencegah tekanan darah tinggi, dan penyakit kencing manis, sebab olahraga membakar timbunan lemak dalam darah dan tubuh.

Dengan merujuk kepada sunah, kita mendapati bahwa Rasulullah saw.:
  1. Mendorong kita untuk berolahraga. Rasulullah saw. melewati sekelompok pemuda yang sedang berlatih lempar tombak. Beliau berseru, "lemparlah, wahai Bani Ismail. Sesungguhnya leluhur kalian adalah para pelempar ulung."(H.R. Bukhari)
  2. Mendorong kita untuk mampu mengendarai unta dan berkuda . Rasulullah saw. bersabda, "Sampai hari kiamat, kebaikan diikat di ubun-ubun unta."(H.R. Bukhari, Muslim, dan Nasai) Beliau saw . adalah orang yang paling pandai berkuda.
  3. Mendorong kita untuk belajar berenang, salh satu cabang olahraga yang sangat bermanfaat. Nabi Muhammad saw. bersabda,"Segala sesuatu di luar dzikir kepada Allah SWT. adalh permainan atau senda gurau. kecuali empat hal: perjalanan seseorang diantara dua tujuan, malatih kuda, mencumbu istri dan berenang." (H.R. Thabrani)
  4. Melakukan olahraga jalan dan lari. Aisyah bercerita, "Nabi saw. mendahuluiku, maka akupun mendahuluinya. Begitulah sampai daging ini serasa membebaniku. Setelah itu beliau mendahuluiku dan mendahuluiku seraya berkata,"Ini dan Itu." (H.R. Ahmad)
  5. Menganjurkan olahraga gulat(beladiri). diriwayatkan bahwa nabi saw. pernah mempertemukan Rukanah dan Syiyah dalam gulat.(H.R Muslim)
  6. Jika salat digunakan, iapun menjadi olahraga yang sangat bermanfaat dari tubuh.Dengan hanya melaksanakan salat wajib lima waktu setiap hari , seorang muslim telah melakukan 113 gerakan olahraga 39 gerakan olahraga (39 gerakan rukuk +74 gerakan sujud) disamping gerakan-gerakan lainnya, . ( mukhtar Salim , al-salehah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar