Selasa, 07 Desember 2010

Meningkatkan Effektivitas Komunikasi

Agar komunikasi menjadi efektif, maka setiap individu yang berkomunikasi , baik itu ia sebagai komunikator atau sebagai komunikan hendaknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Sebagai Pengirim:
  1. Menggunakan bahasa yang tepat dan menarik serta dapat dimengerti oleh penerima.
  2. Menggunakan empati dengan berusaha menempatkan diri di tempat penerima.
  3. Mempertajam persepsi dengan membayangkan bagaimana pesan akan diterima, dibaca, ditafsir, dan ditanggapi oleh penerima.
  4. Mengendalikan bentuk tanggapan dengan menggunakan kode atau lambang yang tepat dan dengan saluran yang sesuai
  5. Bersedia menerima umpan balik yang positif maupun negatif.
  6. TebalMengembangkan kredibilitas diri, sehingga dapat dipercaya karena kualitas pribadi, mutu hidup dan keahlian profesional.
  7. Mempertahankan hubungan baik dengan penerima.
Sebagai Penerima:
Penerima adalah rekan komunikasi yang mempunyai peran menentukan dalam menerima, membuat persepsi, menafsirkan suatu pesan yang diterimanya, apakah untuk dirinya sendiri atau untuk disampaikan kepada orang lain. Agar komunikasi menjadi efektif maka penerima harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kemampuan mendengarkan, sampai mampu mndengarkan dengan empatik.
  2. Waspada terhadap prasangka, bias dan apriori, dan sikap tidak terbuka dari kita.
  3. Mengembangkan kecakapan bertanya.
  4. Mengembangkan kecakapan menyampaikan umpan balik secara konstruktif.
  5. Berusaha berpikir kreatif terhadap pesan yang diterimanya.
  6. Bersikap terbuka tetap kritis
( Agus M.Hardjana, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Penerbit Kanisius ,2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar