Sabtu, 04 Desember 2010

Komponen-Komponen Utama Dari Saluran Udara dan Saluran Transmisi

Konponen-komponen utama dari sistem saluran transmisi terdiri dari:
  1. Menara transmisi atau tiang transmisi beserta fondasinya
  2. Isolator-isolator
  3. Kawat penghantar (konduktor), dan
  4. Kawat tanah (ground wires)
A. Menara atau Tiang Transmisi
Menara atau tiang transmisi adalah suatu bangunan penopang saluran transmisi, yang bisa berupa menara baja, tiang baja, tiang beton bertulang, dan tiang kayu. Tiang-tiang baja ,beton atau kayu umumnya digunakan pada saluran-saluran dengan tegangan kerja relatif rendah (di bawah 70KV), sedang untuk saluran transmisi tegangan tinggi atau ekstra tinggi digunakan menara baja.

Menara baja dibagi sesuai dengan fungsinya, yaitu : menara dukung, menara sudut, menara percabangan, dan menara transposisi.

B. Isolator-isolator
Jenis isolator yang digunakan dalam transmisi adalah jenis porselin atau gelas. Menurut penggunaan dan konstruksinya dikenal tiga jenis isolator, yaitu: isolator jenis pasak, isolator jenis pos-saluran dan isolator gantung.
Isolator jenis pasak dan pos-saluran digunakan pada saluran transmisi dengan tegangan kerja relatif rendah (kurang dari 22-33KV), sedang isolator gantung dapat digadandeng menjadi rentengan isolator yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

C. Kawat Penghantar

Jenis -jenis kawat penghantar yang biasa digunakan pada saluran transmisi adalah tembaga dengan tegangan konduktifitas, 100%, tembaga dengan konduktifitas 97,5%(CU 97,5) atau aluminium dengan konduktifitasnya 61% (Al-61%). Kawat penghantar aluminium terdiri dari berbagai jenis lambang , dengan lambaga

D. Kawat Tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar