Selasa, 04 Januari 2011

Soal Jawab tujuan Ekonomi Manajemen Keuangan

1. Kalau struktur kekayaan diartikan sebagai perbandingan diantara aktiva lancar dengan aktiva tetap, maka mana diantara keputusan-keputusan keuangan yang akan mempengaruhi struktur kekayaan?
a. Keputusan investasi
b. Keputusan pendanaan
c. Kebujakan dividen
d. jawaban b dan c benar

  • Jawab: a. Karena keputusan investasi akan mempengaruhi jumlah dan komposisi aktiva yang ada dalam perusahaan, sedangkan keputusan pendanaan dan kebijakan dividen akan mempengaruhi sisi pasiva neraca.
2. Kalau struktur modal menunjukkan perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, mana diantara keputusan-keputusan keuangan yang akan mempenaruhi struktur modal?
a. Keputusan investasi
b. Keputusan pendanaan
c. Kebijakan dividen
d. Jawaban b dan c benar

  • Jawab: d. Keputusan pendanaan memilih jenis dana yang akan dipergunakan (yaitu hutang ataukah modal sendiri). Kebijakan dividen menentukan banyak sedikitnya laba yang ditahan (yang merupakan modal sendiri). Karena itu keduanya akan mempengaruhi struktur modal.
3. Dalam suatu periode perusahaan memperoleh laba bersih setelah pajak sebesar Rp.500 juta. Dengan demikian maka,
a. Kas perusahaan bertambah denganRp.500 juta
b. Kekayaan perusahaan bertambah sebesar Rp.500 juta
c. Modal sendiri bertambah sebesar Rp.500 juta
d Tidak ada jawaban yang benar

  • Jawab: d. Kas tidak meningkat sesuai dengan laba bersih yang diperoleh, sebab mungkin sebagian telah dipergunakan untuk yang lain. Penambahan kekayaan juga tidak identik dengan tambahan keuntungan bersih karena ada kemungkinan pembayaran dividen. Demikian pula untuk penambahan modal sendiri.
4. Modal sendiri yang dipergunakan oleh perusahaan mempunyai karakteristik,
a. Tidak mempunyai biaya modal
b. Biaya modalnya lebih rendah dari biaya dana yang berasal dari pinjaman
c. Meningkatkan keamanan pemberi pinjaman
d. Lebih menguntungkan daripada kredit
  • Jawab: c. Modal sendiri mempunyai biaya modal yang bahkan akan lebih tinggi dari biaya dana yang berasal dari pinjaman. Hal ini disebabkan karena pemilik perusahaan menanggung resiko yang lebih besar dari kreditor. Semakin besar modal sendiri, semakin aman pemberi pinjaman karena dijamin oleh modal sendiri yang makin besar.
5. Mana diantara pernyataan berikut ini yang menjelaskan perkembangan manajemen keuangan?
a. Manajemen keuangan menjadi semakin deskriptif
b. Manajemen keuangan menjadi semakin berorientasi dari pandangan pihak kreditor
c. Manajemen keuangan menjadi semakin analitis
d. Semua jawaban benar.
  • Jawab: c. Perkembangan manajemen keuangan menjadi semakin analitis. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teori keuangan (theory of finance) yang mendasari perkembangan manajemen keuangan. Teori kemungkinan menjadi makin analitis, dengan mencoba menjelaskan mengapa suatu peristiwa keuangan terjadi.

1 komentar:

  1. Hello, saya Mrs.Clara, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman peluang masa hidup. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Anda telah ditolak oleh bank-bank dan institusi kewangan lain? Kami memberi pinjaman wang kepada individu yang memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit yang buruk atau yang memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur di rumah pada kadar 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel di: Claraloan@financier.com

    BalasHapus